Etika berkomentar di blog

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya melakukan blogwalking, saya menemukan salah satu pengunjung blog bertanya tentang etika berkomentar di blog. Pertanyaan ini juga pernah saya ajukan kepada teman sesama blogger. Jawabannya sangat beravariasi tergantung dari pengalaman dan sudut pandang yang mereka ambil.

Berkomentar di blog bukan sesuatu yang sulit, kalau kamu hanya menulis ucapan salam dan terima kasih. Hal tersebut tidak keliru, tapi sepertinya tujuan kamu berkomentar tidak tercapai dengan hanya menulis kata-kata seperti itu. Paling banter, kamu akan mendapat ucapan salam dan terima kasih kembali dari pemilik blog.

Sebagian blogger beranggapan komentar itu adalah cermin dari si pemberi komentar. Itu anggapan benar. Komentar yang baik tentu akan berdampak positif bagi pemberi komentar. Pemilik blog atau pemberi komentar yang lain tentu akan dapat menilai kualitas blog kamu dari cara kamu berkomentar. Kalau komentar kamu berbobot maka mereka akan penasaran dan tentu tidak menutup kemungkinan mereka akan berkunjung dan menjadi pengunjung setia blog kamu.

Ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan sewaktu berkomentar di blog.

1. Pahami isi posting secara keseluruhan
Bacalah secara keseluruhan isi posting. Pahami isi tulisannya. Hindari hanya membaca judul dan paragraf tertentu. Hanya dengan cara membaca secara keseluruhan kamu dapat memahami isi yang ditulis oleh blogger dalam postingnya. Jangan buru-buru memberi komentar tanpa memahami isi posting. Bisa-bisa komentar kamu tidak nyambung dengan isi tulisan.

2. Diskusikan isi posting
Biasanya pemilik blog akan sangat senang kalau postingannya kamu tanggapi dengan memberikan komentar yang pintar. Yang saya maksud pintar disini adalah komentar yang memberikan tanggapan langsung mengenai posting itu. Berikan apresiasi yang jujur kalau kamu sependapat dengan penulis. Tidak menutup kemungkinan kamu mempunyai pendapat yang berseberangan dengan penulis. Itu sah-sah saja, tapi keduanya harus kamu sampaikan dengan bahasa yang santun dan memberikan argumen yang logis. Sepanjang kamu bisa menghargai pendapatnya, tentu dia akan senang dengan ketidaksetujuan kamu.

3. Gunakan kata-kata yang sopan
Setiap blogger tentu tidak akan senang kalau komentar kamu berisi kata-kata yang kasar dan tidak sopan. Selain ini akan membuat kamu tidak nyaman di kalangan blogger, bisa jadi kamu akan didepak dari ruang komentar. Tidak banyak blogger yang sabar dengan komentar yang kasar. Walaupun ada, tentu ini akan berefek buruk bagi jati diri kamu sebagai sesama blogger.

4. Jangan meninggalkan link yang tidak perlu
Kebanyakan blogger pemula karena ingin cepat beken dan popular, selalu memberikan link tambahan disetiap komentar. Hal ini harus dihindari apalagi link tersebut bersifat promosi suatu produk. Salah-salah bisa dianggap spam oleh search engine. Tentu sangat tidak disenangi blogger dan pengunjung lainnya. Tinggalkan link secukupnya pada kotak yang telah disediakan.

5. Gunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti
Komentar yang baik tidak melulu identik dengan bahasa yang sesuai dengan EYD. Tetapi, kamu tetap bisa menggunakan kata-kata sesuai dengan gaya bahasa kamu sendiri. Tidak usah terlalu formal tertapi hindari juga komentar yang menggunakan bahasa yang sulit dimengerti.

6. Tuliskan kata salam dan terima kasih kepada pemilik posting
Tidak ada blogger yang tidak senang jika pemberi komentar menuliskan kata salam dan terima kasih. Ingatlah, setiap posting yang kamu kunjungi akan memberikan manfaat bagi kamu. Jadi sudah selayaknya kamu memberikan ucapan terima kasih kepada pemilik blog.

7. Masukkan kata kunci dari isi posting ke dalam komentar

Ini salah satu cara yang pasti disenangi oleh blogger. Karena dengan menuliskan kata kunci ke dalam komentar tentu akan sangat bermakna untuk meningkatkan rating blog yang kamu kunjungi di search engine. Tapi sangat tidak dianjurkan menuliskan kata kunci terlalu banyak karena bisa saja nanti dianggap spam.

Itu dulu tips dari saya, mungkin kamu punya tips lain yang lebih bagus silahkan isi komentar disini.

Tag: etik berkomentar di blog, tips berkomentar di blog, komentar, blog, search engine, blogger, blog populer bahasa blogger, blogger populer, link, posting, spam, blogwalking

4 thoughts on “Etika berkomentar di blog

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge