Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

Internet adalah sumber data yang sangat luas. Kita bisa menemukan data apa saja disana. Tapi karena belum ada pengaturan yang jelas, data itu tersebar tidak tersusun secara sistimatis seperti layaknya buku yang disusun bab perbab. Artinya, tanpa mengetahui caranya, kita akan menemukan kesulitan untuk mendapatkan data yang benar-benar kita butuhkan secara cepat.

Untunglah, internet mempunyai alat bantu yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan data itu. Alat bantu tersebut dikenal sebagai mesin pencari atau “search engine”. Kita akan menemukan apa yang kita butuhkan cukup dengan cara mengetikkan satu atau beberapa kata kunci, mesin pencari tersebut akan menampilkan untuk kita.

Jika kita sebagai pengguna biasa, kita berpikir bagaimana cara menemukan apa yang kita butuhkan. Tapi jika kita sebagai pembangun situs web (webmaster) tentu kita berpikir bagaimana membuat situs web kita bisa masuk dalam mesin pencari. Jadi, jangan berharap dapat masuk dalam mesin pencari, jika kita tidak mendaftarkan situs web ke mesin pencari tersebut.

Sepertinya, jika kita berharap supaya situs web kita hanya tampil di mesin pencari, itu tidak terlalu sulit. Cukup daftarkan situs web kita ke mesin pencari, selesai. Tapi, tentu kita berharap lebih dari itu kan? Sebagai webmaster sejati, kita pasti berkeinginan supaya situs web kita tampil diurutan pertama dalam mesin pencari. Minimal dapat tampil di lembaran pertama mesin pencari. Karena menurut Wikipedia, situs web yang tampil di halaman pertama akan memiliki banyak pengunjung.

Tentu kita semua berharap situs web kita banyak pengunjung. Kita pasti akan senang jika situs web kita ramai dikunjungi, bukan? Terlepas apa tujuannya. Hanya orang aneh saja yang tidak suka situs webnya banyak pengunjung. Jika kita bertujuan supaya ada perusahaan yang tertarik pasang iklan di situ, tentu dengan banyaknya pengunjung, kita akan mendapatkan keuntungan lebih dari iklan tersebut.
Tapi tidak melulu uang, banyak juga pembuat blog tidak bertujuan mencari uang tapi eksistensi. Tak perlu uang, yang penting terkenal.

Pengertian SEO

Bagaimana supaya situs web kita dapat tampil di halaman pertama, atau paling tidak halaman kedua dan ketiga di mesin pencari. Ada 2 cara praktis supaya situs kita bisa tampil di mesin pencari, yaitu dengan search engine marketing (SEM) dan search engine optimization (SEO).

Cara yang pertama (SEM) tidak gratis, kita harus membayar kepada mesin pencari agar situs web kita bisa tampil di halaman pertama mesin pencari. SEO adalah cara gratis. Hanya saja, kita harus tahu trik-triknya. Kita harus mengetahui cara kerja mesin pencari agar kita dapat menerapkan trik yang tepat.

Menurut data Alexa, mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah Google. Jadi, kita harus tahu cara kerja Google. Tidak perlu mendetail. Yang penting kita ketahui adalah bagaimana cara kerja mesin Google dalam mendaftarkan situs pada databasenya.

Bagaimana cara kerja Google?

Google mempunyai robot yang dikenal dengan sebutan “spider” atau “crawler”. Robot inilah yang mengunjungi seluruh halaman situs web.

Selanjutnya, robot itu akan mendaftarkan situs web berdasarkan kata kunci. Misalnya blog blogbeken.com ini menempatkan kata kunci “anemia” di judul “mencegah anemia” halaman situs web. Kata itu pun muncul berkali-kali dalam artikel. Google akan member nilai tinggi bagi blog blogbeken.com untuk kata kunci “anemia” tersebut.

Selain faktor posisi dan frekuensi kata kunci, Google juga mempertimbangkan umur situs web. Jadi, jika situs kita baru jangan berharap lansung dapat berada halaman pertama. Selain itu, Google juga memperhitungkan jumlah link (backlink) menuju ke situs web itu. Artinya, semakin banyak link ke situs web itu, tentu Google akan memberi nilai tinggi situs web tersebut.

Dengan mengetahui dasar-dasar kerja mesin pencari (Google) kita akan mulai dapat menerapkan trik-trik SEO selanjutnya.

(sumber: tabloidpcplus dan yang lainnya, diedit sesuai kebutuhan)

Tag : Search Engine Optimization, SEO, search engine, mesin pencari, google,, Wikipedia, tabloidpcplus, blogbeken.com, kata kunci, situs web, anemia

4 thoughts on “Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge