Pencegahan penyakit asam urat atau gout

Kalau kamu tiba-tiba mengalami serangan nyeri mendadak pada pergelangan kaki atau tangan, dan biasanya serangan ini terjadi pada dini hari dan keesokan sore hari menjadi sangat hebat, sehingga sukar berjalan. Kemungkinan besar kamu menderita penyakit asam urat atau gout.

Sewaktu kamu berobat ke dokter biasanya dokter akan menyuntikkan steroid dan diberi resep obat rematik dan vitamin C. (Lihat Vitamin C dapat turunkan kadar asam urat)

Karena nyeri sendi akibat gout ini sangat luar biasa sampai-sampai bila tersentuh selembar kertas pun akan terasa nyeri. Hal ini akan sangat mengganggu aktifitas kamu sehari-hari. Apalagi sampai menyerang sendi-sendi kecil yaitu jari-jari tangan dan kaki.

Penyebab gout adalah asam urat. Asam urat sebenarnya larut dalam darah, namun bila kadarnya berlebihan atau disebut hiperurisemia maka asam urat akan masuk sendi dan mengendap dalam cairan sendi atau sekitar sendi.

Walaupun memang dengan pemberian obat-obat rematik nyeri yang hebat ini dapat hilang dengan cepat. Tetapi penyakit ini akan dapata bangkit lagi kalau kadar asam urat dalam darah meningkat. Kadar asam urat darah normal adalah < 7mg/dl untuk pria dan untuk wanita < 6 mg/dl. Seseorang cenderung mendapat gout bila terdapat beberapa faktor (predidposisi) antara lain, riwayat gout dalam keluarga, kegemukan, peminum alkohol, kadar trigliserid yang tinggi. Ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya atau berulangnya penyakit asam urat atau gout ini. Diet, dianjurkan menurunkan berat badan pada pasien yang gemuk, serta diet rendah purin (tidak usah terlalu ketat). Hindari alkohol dan makanan tinggi purin (hati, ginjal, ikan sarden, daging kambing, dan sebagainya), termasuk roti manis. Perbanyak minum. Pengeluaran urin 2 liter/hari atau lebih akan membantu pengeluaran asam urat dan mengurangi pembentukan endapan di saluran kemih. Orang yang tidak aktif berolahraga misalnya karena terbaring sakit, dapat timbul serangat gout baru. Hindari obat-obatan yang mengakibatkan hiperurisemia, seperti tiazid, diuretik, AspirinĀ®, dan asam nikotinat yang menghambat ekskresi asam urat dari ginjal. Makanlah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, karena ada penelitian pemberian vitamin C pada dosis tinggi dapat melindungi terhadap penyakit gout. Penyakit lain harus harus diperbaiki seperti hipertensi dan diabetes. Penderita hipertensi harus minum obat secara teratur agar tekanan darah dapat dikendalikan normal. Harus diingat semakin muda usia pasien pada saat mulainya penyakit, maka semakin besar kemungkinan menjadi progresif. Tag : gout, asam urat, rematik, obat rematik, hiperurisemia, hipertensi, diabetes, vitamin C, pencegahan penyakit gout, pencegahan penyakit asam urat, sendi, peminum alkohol

4 thoughts on “Pencegahan penyakit asam urat atau gout

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge