Gout atau asam urat

Gout adalah sejenis artritis. Hal ini dapat menyebabkan serangan tiba-tiba, rasa terbakar, sakit, kaku dan pembekakan di sendi, biasanya di jempol kaki. Serangan ini bisa berulang-ulang pada penyakit gout yang tidak diobati.Seiring waktu penyakit ini ini dapat membahanyakan sendi, tendon dan jaringan lain. Gout umumnya menyerang pria suia 30-50 tahun dan wanita yang menopause.

Penyebab
Gout disebabkan oleh meningkatnya asam urat dalam darah. Banyak orang yang kadar asam urat dalam darah tinggi tidak menderita penyakit gout. Tetapi ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, asam urat dapat membentuk kristal keras di pada sendi.

Pengendapat kristal urat di sendi dapat terjadi berulang dan menumpuk yang membentuk menjolan yang disebut tofi. Tofi merupakan penimbunan asam urat yang dikelilingi reaksi radang pada sinovia, tulang rawan, bursa, dan jaringan lunak. Sering timbul di tulang rawan telinga sebagai benjolan keras. Tofi ini merupakan manifestasi lanjut dari gout yang timbul 5-10 tahun setelah serangan artritis akut pertama.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatnya resiko terjadinya gout. Berat badan yang berlebihan, terlalu banyak minum alkohol, atau terlalu banyak makan daging dan ikan yang tinggi kadar purin. Beberapa obat diueretik, dapat juga meningkatkan risiko gout.

Gejala
Tanda yang paling umum dari penyakit gout adalah serangan pada malam hari, bengkak, nyeri dan kemerahan pada sendi yang terkena. Sendi kaki, pergelangan kaki dan lutut adalah sendi yang biasanya mula-mula terkena gout. Serangan dapat berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu sebelum raasa sakit benar-benar hilang. Serangan selanjutnya bisa terjadi beberapa bulan bahkan setahun kemudian.

Diagnosis
Selain dari gejala yang diderita, dalam menegakkan diagnosis gout biasanya dokter melakukan pemeriksaaan kadar asam urat dalam darah.

Di samping pemeriksaan tersebut, pemeriksaan cairan tofi juga penting untuk menegakkan diagnosis. Cairan tofi adalah cairan berwarna putih seperti susu dan kental sekali sehingga sukar diaspirasi. Diagnosis dapat dipastikan bila ditemukan gambaran kristal asam urat (berbentuk lidi) pada sediaan mikroskopik.

Pengobatan
Untuk menghentikan serangan gout, dokter biasanya menyuntikkan kortikosteroid, atau meresepkan dosis harian besar dari satu atau lebih obat-obatan. Pemberian aspirin harus dihindarkan karena akan memperberat penyakit. Pada serangan yang berlanjut dapat diberikan obat penurun asam urat, tapi obat ini tidak akan diberikan pada periode akut. Mengistirahatkan sendi yang terkena dengan mengurangi gerakannya dapat meringan penyakit ini. Pemberian vitamin C dosis tinggi bisa mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko serangan lebih lanjut.

Pencegahan
Penyakit gout ini dapat dicegah. Lihat cara mencegah penyakit asam urat atau gout.

Tag: gout, asam urat, definisi gout, penyebab gout, gejala gout, diagnosis gout, pengobatan gout, penyebab gout, tofi, vitamin C, diuretik, menopause

4 thoughts on “Gout atau asam urat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge