Bikin Blog Kamu jadi Nomor 1 di Search Engine

Keyword sesuai dengan Alamat Blog

Penting sekali alamat blog harus sesuai dengan keyword blog kamu. Pada contoh blog ini, keyword yang saya ambil adalah “blog beken” karena saya ingin membuat segala sesuatu tentang blog, jadi saya pilih nama blog www.blogbeken.com.

Kamu juga bisa membuat folder dengan keyword. Misalnya saja, kamu mempunyai halaman khusus tentang tips dan trik seo, maka foldernya http://blogbeken.com/category/seo.

Harus dipahami bahwa pemilihan keyword yang tepat sangat berpengaruh terhadap trafik situs kamu di search engine.

Keyword jadi Judul Tulisan

Sebisa mungkin, judul tulisan mengandung keyword. Kalau keywordnya “blog beken”, kata “blog dan beken” harus muncul disetiap judul tulisan. Misalnya, kamu membuat tulisan tentang blog, maka sebaiknya judul tulisan yang kamu pakai “Tips dan trik blog beken”.

Hal ini jangan terlalu dipaksakan. Kalau benar-benar judul tulisan tidak bisa berisi keyword, tetap boleh-boleh saja. Tetapi keyword dimasukkan dalam banyak tulisan itu sangat membantu untuk menaikkan peringkat blog kamu di search engine.

Buatlah anchor text sesuai keyword

Anchor text sangat berpengaruh untuk menaikkan peringkat blog kamu di search engine. Tapi kamu harus memahami pembuatan anchor text yang benar yang disenangi search engine. Yang saya maksud adalah anchor text harus memuat keyword, jangan gunakan kata yang panjang.

Blogbeken.com mempunyai alamat http://blogbeken.com/2010/10/25/bikin-blog-kamu-jadi-nomor-1-di-search-engine.html. Kalau kamu membuat link ke halaman itu. Sebaiknya kamu tidak menuliskan alamat panjang seperti di atas, tetapi buatlah kode html seo. Artinya judul link itu “seo”. Jadi anchor text itu lebih bernilai di mata search engine daripada teks biasa.

Pasanglah template yang search engine friendly

Template yang cantik belum tentu disukai search engine. Karena search engine mempunyai bot yang dikenal “spider” atau “crawler”. Bot inilah yang bekerja mencari keyword dan berbagai informasi lain pada halaman blog kamu.

Template yang jelek (tidak search engine friendly) sangat tidak disukai laba-laba ini. Bisa dibayangkan, laba-laba ini harus mengunjungi puluhan milyar web di internet setiap hari. Bisa dipastikan blog kamu akan mudah dilewati tanpa mencatat informasi apapun, kalau blog kamu sulit dimengerti oleh laba-laba tersebut.
Caranya agar laba-laba mudah mencatat blog kamu. Sediakan navigasi kesemua halaman blog kamu. Kalau semua halaman dapat terhubung, tentu akan sangat membantu laba-laba menelusuri blog kamu.

Update tulisan blog kamu secara kontinu

Tulisan di blog kamu sangat penting. Selain kamu dapat melatih menulis, dengan cara penulisan yang baik menurut ilmu seo tentu bot akan lebih banyak menemukan keyword dan informasi di halaman blog kamu.
Sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti folder apalagi ganti domain. Misalnya hari ini kamu mempunyai subdomain “tips dan trik seo”, besok kamu ganti “blogging”. Ini sangat mengganggu kerja bot.
Adalah lebih dianjurkan menambhakan folder baru daripada mengganti nama folder yang sudah ada.

Jalan-jalan ke blog teman, dan berikan komentar

Sering-seringlah berkunjung ke blog teman yang kamu kenal di internet. Hal ini penting selain kamu dapat informasi dan bersosialisasi tentu yang tidak kalah penting kamu dapat mengaitkan link blog kamu di halaman komentar. Inilah yang kamu kenal backlink. Seolah-olah blog temanmu memberikan link ke blog kamu.
Ada cara yang baik dalam memberikan komentar. Selain harus sesuai dengan tulisan pada halaman itu. Tidak salah kalau kita memasukkan keyword sesuai dengan tulisan pada halaman yang kita kunjungi, karena secara tidak langsung kamu sudah memberi nilai plus blog temanmu di search engine. Tapi jangan memasukkan keyword yang berlebihan malah nanti dianggap spam oleh search engine.

Buatlah tulisan di forum

Ini salah satu trik jitu, menurut pengalaman teman-teman yang blognya sudah sukses di search engine. Dengan membuat backlink di forum akan dengan cepat mengangkat peringkat blog kamu.
Caranya, buatlah tulisan yang menarik, kemudian kamu kirim ke forum. Dibagian bawah jangan lupa membuat sumber tulisan yang tentu saja ke blog kamu.
Satu lagi manfaat dengan trik ini, selain kamu mendapatkan backlink, kamu juga dapat menarik langsung pengunjung ke blog kamu. Tidak percaya, silahkan coba sendiri.

Daftarkan blog kamu di social bookmarking

Situs web social boormarking sangat membantu situs-situs yang baru lahir. Dari pengalaman saya membangun blog, search engine akan lebih cepat melakukan index kalau blog kita sudah terdaftar di social bookmarking sebelumnya.

Alasannya mengapa bot lebih menyenangi menelusuri blog yang sudah terdaftar di social bookmarking, karena blog yang sudah terdaftar dianggap blog yang berkualitas.

Situs-situs social bookmarking yang populer adalah Digg.com, Reddit.com, Stumbleupon.com, Backflip.com, Blippo.com, Blinklist.com. Jika kamu merasa masih kurang, cari saja dengan menggunakan search engine.

Nah, itulah beberapa tips dan trik untuk mendongkrak peringkat blog kamu di search engine. Sebenarnya masih banyak cara-cara jitu lainnya, mudah-mudahan dapat saya lanjutkan pada tulisan berikutnya. Semoga dapat bermanfaat.

Tag: blog, search engine, keyword, tips dan trik seo, social bookmarking, blogbeken, anchor text, link, template yang search engine friendly, blog populer, situs populer, cara mendaftarkan blog di social bookmarking, social bookmarking populer, cara mendaftarkan blog di search engine

7 thoughts on “Bikin Blog Kamu jadi Nomor 1 di Search Engine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge